Sejarah Mobil Matic Pertama

Mobil dengan transmisi otomatis dinilai lebih canggih dan effortless selama berkendara. Banyak yang mengira kalau transmisi matic ini adalah inovasi yang cukup baru. Padahal, transmisi matic ini punya sejarah yang cukup panjang di dunia.

Mobil matic pertama sebenarnya sudah diciptakan lebih dari 100 tahun lalu. Adalah Sturtevant bersaudara yang membuat proyek Horseless Carriage pada 1904. Kendaraan ini didukung dengan transmisi otomatis dua percepatan yang mampu berpindah sendiri.

Cara kerja transmisi ini sederhana, dengan memanfaatkan gaya sentrifugal. Ketika putaran mesin meningkat, gaya sentrifugal dari flywheel akan mendorong mekanisme transmisi masuk ke gigi lebih tinggi. Kemudian ketika putaran mesin turun dalam rpm tertentu, mekanisme pegas akan mengembalikan gigi ke posisi rendah. 

Pada zaman itu, penemuan transmisi otomatis ini sangat spektakuler. Namun sayangnya kurang dihargai karena masyarakat fokus untuk mengemudi. Saat itu orang lebih berpikir bagaimana menjalankan mobil yang merupakan inovasi mutakhir.

Selain itu karena buruknya kualitas ilmu teknik metalurgi transmisi matic pertama di dunia, membuat transmisi buatan Sturtevant bersaudara ini sangat sering rusak mendadak.

Jadilah inovasi tersebut dilupakan sejenak, sampai akhirnya Ford mengembangkan penemuan ini saat memproduksi Ford Model T. Mobil terlaris saat itu memakai transmisi otomatis 2-Speed.

Namun kelemahan transmisi matic bikinan Ford ini membuat mobil tak bisa berhenti saat gigi dalam posisi maju sehingga harus masuk posisi netral. Karena langsung terhubung mesin, maka saat mulai berjalan, mobil juga langsung melompat.

Melihat kondisi ini, Chrysler menyempurnakan dengan sistem kopling fluida. Teknologi fluida di transmisi membuat mobil bergerak lebih halus, terutama saat mulai berjalan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Virus Michaelangelo?

Mobil Listrik Selo Karya Anak Bangsa

Cara Kerja Dan Jenis-Jenis Cloud Storage